Honda Civic Type R

| Friday, January 15, 2010 | |
Honda Civic Type R


Di tengah rintik hujan yang mengguyur sirkuit test drive di pusat riset dan pengembangan Honda Motor Corp. Ltd. di Tochigi, Jepang, dua unit Honda All New Civic Type R betengger dengan gagahnya. Satu berwarna putih dan lainnya berwarna perak. Kendaraan keluaran produsen otomotof ketiga terbesar di Negeri Sakura ini, seakan menantang saya untuk menguji coba performa kuda besi tersebut.

Bagi penggemar mobil sport, Honda Civic merupakan salah satu pilihan utama. Eksterior mobil ini didesain untuk memberikan nuansa sporty dengan kesan garang yang tetap aerodinamis dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dengan adanya perubahan pada bumper dan grille depan, bumper belakang dengan built-in diffuser, high-mount rear spoiler, dan extended side sill garnish, mobil ini menjadi tampil lebih agresif.

Ketika saya memasuki kabin Civic Type R berwarna perak, nuansa hitam yang mendominasi interior memperkuat nuansa layaknya sebuah mobil balap. Kursi depan didesain khusus, self-illuminated multiplex meter didesain dan ditempatkan secara strategis untuk memudahkan pengemudi mengetahui batas kecepatan maksimum perputaran mesin saat berkendara dalam kondisi kecepatan tinggi. Fitur-fitur lain meliputi setir yang didesain berdiameter kecil dengan lapisan kulit asli, aluminium ball-type shift knob, short stroke sports shift linkage, pedal dengan metal sports-type, dan button-type engine starter.

Ketika mesin mobil dinyalakan, terdengar derungan khas mesin balap sehingga melengkapi suasana seperti di sirkuit yang menjadi keunggulan dari Honda All New Civic Type R. Mobil ini mengusung mesin berkapasitas 2.0 L DOHC i-VTEC. Generasi sebelumnya yang juga beredar di Indonesia, Honda Civic Type R masih mengusung mesin berkapasitas 1.7 L. Dengan adanya peningkatan kapasitas mesin ini, kinerja mobil sporty ini jadi meningkat. Mobil ini mulai dipasarkan di Jepang pada 30 Maret 2007 dengan bandrol 2,7 juta yen sebelum pajak.

Semula saya khawatir terpeleset mengemudikan mobil ini, mengingat kondisi sirkuit yang licin karena sedang diguyur hujan. Namun nyatanya ketika dipacu di sirkuit yang berkelok-kelok tajam dengan kesepatan di atas 60 km/jam, dengan memakai ban berukuran 18-inch mobil ini tetap stabil tanpa sedikit pun terpeleset. Ini berkat dukungan kelengkapan keamanan berteknologi orisinal G-CON (G-Force Control).

Kombinasi dari penyetelan suspensi, torque-sensitive helical limited slip differential, disc brake yang lebih besar, dan beberapa fitur lainnya, menghasilkan performa, stabilitas dan pengalaman berkendara layaknya mobil balap. Suspensi disetel secara khusus untuk memaksimalkan kinerja pegas dan peredam, stabililizer bar yang lebih tebal menghasilkan stabilitas kendaraan yang lebih optimal.

Ban yang dipakai mobil ini adalah ban tipe 225/40R18-sized high-performance Bridgestone Potenza RE070. 17-inch disk brake dengan Brembo 4-pot aluminum front calipers. Mobil ini juga dilengkapi dengan ABS/EBD system, dengan menggunakan special lightweight 18-inch aluminum wheels.

Sayangnya saya belum bisa menjajal kinerja mobil ini di medan bebas karena test drive hanya diperkenankan dilakukan di dalam lingkungan R&D Honda saja, sehingga kita tidak bisa menguji kenyamanan suspensi kendaraan ini secara optimal di jalan-jalan berlobang dan bergelombang seperti yang banyak ada di Indonesia.

Kinerja mesin

Dari kinerja mesinnya, rasio kompresi yang lebih tinggi membantu mesin K20A 2.0L i-VTEC menghasilkan output maksimum 165kW (225PS) pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 215Nm (21,9 kgm) pada 6.100 rpm. Metode produksi NSX membantu menghaluskan port surfacing dan melancarkan sirkulasi udara. Drive-By-Wire (DBW) untuk pengendalian throttle yang lebih responsif. Optimalisasi kinerja intake/exhaust manifolds menghasilkan output maksimum pada saat berkendara dengan kecepatan tinggi, yang sekaligus meningkatkan karakteristik torsi.

Optimalisasi rasio persneling menghasilkan akselerasi yang maksimal pada rentang rpm tinggi. Dengan 6-speed manual transmission, optimalisasi rasio persneling menghasilkan akselerasi yang maksimal pada rentang rpm tinggi. Fitur baru meliputi aluminium transmission case yang lebih kokoh, sementara penambahan baffle plate membantu mengurangi risiko boros oli pada saat menikung dalam kecepatan tinggi. Short stroke shift linkage menciptakan nuansa berkendara yang lebih sporty.

Tes drive yang saya lakukan bersama beberapa wartawan lain dari Indonesia?di tempat mobil lahirnya produk Honda ini dilahirkan?merupakan rangkaian dari Honda Tokyo Motor Show Media Trip 2007. Saya juga menguji coba beberapa mobil terbaru lain keluaran Honda.

Mengenai kepedulian Honda pada lingkungan, Civic Type R telah memenuhi peraturan emisi yang dikeluarkan oleh Kementerian Infrastruktur dan Transportasi Jepang pada 2005. Penggunaan PVC and Cr6+ telah ditiadakan dari komponen interior dan eksterior untuk mencapai lebih dari 90% recyclability.

Model Type R dirancang dengan segala kelebihan model sebelumnya dan untuk menghasilkan performa berkendara layaknya mobil balap. Pertama kali diluncurkan pada model NSX pada 1992, Type R mulai merambah model Integra pada 1995 dan Civic di 1997.

Spesifikasi teknis
Honda All New Civic Type R
Mesin K20A 2.0 L DOHC i-VTEC
Transmisi 6-speed manual
Drive Front-wheel drive
Kinerja output maksimum 165kW (225PS) pada 8.000 rpm
Torsi maksimum 215Nm (21,9 kgm) pada 6.100 rpm
Keselamatan ABS/EBD system
Created by Ariez
edit

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post

Popular Posts

StatiStik My BLoG

Hearttechnology TopOfBlogs Lifestyle Blogs - BlogCatalog Blog Directory Technology blogs Technology Blogs Technology (News) - TOP.ORG Blogarama - Blog Directory Technology BLOGGER Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Cool Text: Logo and Graphics Generator Display Pagerank

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Design by : Ariez Rockmariez . Powered by Blogger.
© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content Ariez Rockmariez